Laman

Minggu, 05 Januari 2014

Pengembangan Sistem Informasi

Pengembangan sistem merupakan penyusunan suatu sistem yang baru untuk menggantikan sistem yang lama secara keseluruhan atau memperbaiki sistem yang telah ada.

Tim pengembangan sistem :

1.    Manajer Analis Sistem

2.    Ketua Analis Sistem

3.    Analis Sistem Senior

4.    Analis Sistem Junior

5.    Pemrogram Aplikasi Senior

6.    Pemrogram Aplikasi Junior

Perlunya pengembangan sistem, karena :


•    Adanya permasalahan-permasalahan (problems) yang timbul di sistem yang lama, berupa ketidakberesan sistem yang lama dan pertumbuhan organisasi.

•    Untuk meraih kesempatan-kesempatan.

•    Adanya instruksi dari pimpinan atau adanya peraturan pemerintah.


Harapan dengan adanya sistem yang baru :

1.    Kinerja, yang dapat diukur dari throughput dan respon time.

2.    Kualitas informasi yang disajikan

3.    Keuntungan (penurunan biaya). Berhubungan dengan jumlah sumber daya yang digunakan.

4.    Kontrol (pengendalian)

5.    Efisiensi

6.    Pelayanan


Prinsip pengembangan sistem :

1.    Sistem yang dikembangkan adalah untuk manajemen.

2.    Sistem yang dikembangkan adalah investasi modal yang besar.

3.    Sistem yang dikembangkan memerlukan orang yang terdidik.

4.    Tahapan kerja dan tugas-tugas yang baru dilakukan dalam proses pengembangan sistem.

5.    Proses pengembangan sistem tidak harus urut

6.    Jangan takut membatalkan proyek.

7.    Dokumentasi harus ada untuk pedoman dalam pengembangan sistem.

SDLC (Systems Development Life Cycle), didefinisikan sebagai serangkaian aktivitas yang dilaksanakan oleh profesional dan pemakai sistem informasi untuk mengembangkan dan mengimplementasikan sistem informasi.

Fase SDLC :


a.    Perencanaan sistem

    •    Dibentuk suatu struktur kerja strategis yang luas dan pandangan sistem informasi baru yang jelas yang akan memenuhi kebutuhan pemakai informasi.
   
    •    Proyek sistem dievaluasi dan dipisahkan berdasarkan prioritasnya.
   
    •    Sumber daya baru direncanakan untuk, dan dana disediakan untuk mendukung pengembangan sistem.

b.    Analisis sistem

    •    Dilakukan proses penilaian, identifikasi dan evaluasi komponen dan hubungan timbal-balik yang terkait dalam pengembangan sistem,

    •    Fase profesional sistem melakukan kegiatan analisis sistem.

    •    Laporan yang dihasilkan menyediakan suatu landasan untuk membentuk suatu tim proyek sistem dan memulai fase ini

    •    Tim proyek sistem memperoleh pengertian yang lebih jelas tentang alasan untuk mengembangkan sistem baru.

c.    Perancangan sistem secara umum / konseptual

    •    Dibentuk alternatif-alternatif perancangan konseptual untuk pandangan pemakai.

    •    Analis sistem mulai merancang proses dengan mengidentifikasikan laporan-laporan dan output yang akan dihasilkan oleh sistem yang diusulkan.

    •    Perancangan sistem secara umum berarti untuk menerangkan secara luas bagaimana setiap komponen perancangan sistem tentang output, input, proses, kendali, database dan teknologi akan dirancang.

d.    Evaluasi dan seleksi sistem
   
    Dalam fase evaluasi dan seleksi sistem ini nilai kualitas sistem dan biaya/keuntungan dari laporan dengan proyek sistem dinilai secara hati-hati dan diuraikan dalam laporan evaluasi dan seleksi sistem.

e.    Perancangan sistem secara detail
   
    •    Menyediakan spesifikasi untuk perancangan secara konseptual. Pada fase ini semua komponen dirancang dan dijelaskan secara detail.

    •    Berdasarkan perancangan output dan input, proses-proses dirancang untuk mengubah input menjadi output. Transaksi-transaksi dicatat dan dimasukkan secara online atau batch.

f.    Pengembangan Perangkat Lunak dan Implementasi sistem

g.    Pemeliharaan / Perawatan Sistem

    •    Sistem siap untuk dibuat dan diinstalasi.

    •    Sejumlah tugas harus dikoordinasi dan dilaksanakan untuk implementasi sistem baru.





Sumber : http://adikristanto.net/sejarah-perkembangan-daur-hidup-pengembangan-sistem/, http://vicrimarzak.blogspot.com/2012/11/materi-sdlc.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar