Laman

Sabtu, 04 Januari 2014

e-Commerce

e-Commerce adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. e-Commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis. e-Commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-Commerce juga memerlukan teknologi databases, e surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-Commerce ini.

e-Commerce pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu website. Menurut Riset Forrester, perdagangan elektronik menghasilkan penjualan seharga AS$12,2 milyar pada 2003. Menurut laporan yang lain pada bulan oktober 2006 yang lalu, pendapatan ritel online yang bersifat non-travel di Amerika Serikat diramalkan akan mencapai seperempat trilyun dolar US pada tahun 2011.


Kelebihan dari e-Commerce :

1.    Menyediakan harga kompetitif.

2.    Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.

3.    Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.

4.    Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon.

5.    Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.

6.    Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.

7.    Mempermudah kegiatan perdagangan.

8.    Meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam proses pemasaran.

9.    Meningkatkan daya saing perusahaan.

10.    Menggantikan konsep manual.

11.    Pertukaran data atau informasi jadi lebih mudah.

12.    Memudahkan bagi calon pembeli untuk melakukan pembelian produk khususnya produk yang sulit dicari atau jauh dari tempat tinggalnya.

13.      Dalam melakukan transaksi melibatkan intitusi lain, sehingga menguntungkan bagi intitusi itu.


Kekurangan dari e-Commerce :

1.    Produk yang dijual tidak semuanya ditampilkan

2.    Penjelasan produk kurang jelas

3.    Harga terkadang tidak sesuai

4.    Produk kurang dikenal oleh masyarakat

5.    Kurang aman dalam melakukan transaksi

6.    Tampilan produk kurang jelas

7.    Sering dijadikan untuk melakukan tindak kejahatan, khususnya penipuan.

8.    Hukum yang kurang berkembang dalam bidang e-commerce ini.





Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Perdagangan_elektronik, http://serbaserbiecommerce.blogspot.com/2011/03/kelebihan-dan-kekurangan-ecommerce.html.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar