Laman

Minggu, 05 Januari 2014

Contoh e-learning : V-Class

Virtual class Universitas Gunadarma, disebut juga V-class, merupakan fasilitas pembelajaran online yang digunakan untuk mendukung proses belajar mengajar secara online oleh dosen dan mahasiswa. V-class juga termasuk contoh dari e-learning.

Langkah-langkah mengakses v-class :

1.    Seluruh mahasiswa di Universitas Gunadarma bisa mengikuti V-class ini dengan cara membuka halaman url http://v-class.gunadarma.ac.id, lalu login menggunakan NPM dan password studentsite. Melalui V-class, semua mahasiswa dimanapun yang ada di Indonesia dapat mengikuti kuliah yang diselenggarakan oleh Universitas Gunadarma.


 

2.    Setelah login, mahasiswa dapat memilih kategori kursus sesuai jurusannya. . V class ini berisi materi, soal (pre test & post test), dan forum diskusi bagi mahasiswa tiap kelas, dan setiap mahasiswa diharuskan untuk mendownload materi dan mengerjakan soal yang sudah disediakan oleh dosen yang bersangkutan sebagai pengganti pertemuan di kelas. Selain itu, didalam v-class mahasiswa juga dapat berdiskusi dengan dosen yang bersangkutan apabila mahasiswa tersebut masih belum memahami materi yang di berikan oleh sang dosen.
 

 
Kelebihan V-Class  :

•    Mahasiswa dituntut mandiri.

•    Sangat efisien(dari segi jarak dan waktu).

•    Diberi tegang waktu yang cukup lama ntuk menyelesaikan tugas.

•    Dapat memperoleh materi hanya dengan mendownload tanpa harus bertemu langsung dengan dosen.

•    Disini juga ada seksi tanya jawab dengan dosen dan juga soal test yang harus dijawab untuk menambah nilai mahasiswa.






Sumber : http://arif12v21lutfhan.blogspot.com/2010/12/virtual-class-universitas-gunadarma_25.html, http://mohamadarifwicaksono.wordpress.com/2010/10/31/virtual-class-universitas-gunadarma/, http://v-class.gunadarma.ac.id/.

2 komentar: