Laman

Sabtu, 17 November 2012

Sistem Informasi Manajemen 2

Fungsi – Fungsi Manajemen
1.    Planning : Penentuan serangkaian tindakan / kegiatan untuk mencapai hasil yang diharapkan.
2.    Organizing : pengelompokan kegiatan untuk mencapai tujuan.
3.    Staffing : penusunan personalia sejak dari penarikan tenaga kerja baru.
4.    Leading : pekerjaan manager untuk meminta orang lain agar bertindak sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.
5.    Controlling : penemuan, penerapan cara, dan peralatan untuk menjamin bahwa rencana telah dilaksanakan sesuai dengan tujuan.

Peranan manajer
-    Peranan antar pribadi:
1.    Sebagai pemuka simbolis, misal : menjamu tamu.
2.    Pemimpin, mendidik, memberikan motivasi.
3.    Perantara.
-    Peranan informasional :
1.    Monitoring aliran informasi.
2.    Penerus informasi.
3.    Perwakilan.
-    Peranan pembuatan keputusan :
1.    Wiraswasta.
2.    Penangkal kesuliatan.
3.    Pengalokasian sumberdaya.
4.    Negiator.

Lingkungan eksternal manajemen
Akan mempengaruhi manajer didalam mengambil keputusan yang akan dibuat.
-    Lingkungan mikro adalah lingkungan yang memiliki pengaruh langsung terhadap kegiatan manajemen. Contoh : penyelia, dan lembaga-lembaga keuangan.
-    Lingkungan makro adalah kebalikan dari pengertian makro. Contoh : kondisi perekonomian, politik, dan teknologi.
Masalah : suatu kondis yang memiliki potensi untuk menimbulkan kerugian atau keuntungan .
Jenis masalah :
1.    Terstruktur : terdiri dari elemen dan hubungan antar elemen tersebut di pahami oleh pemecah masalah.
2.    Tidak terstruktur : terdiri dari elemen dan hubungan antar elemen tersebut tidak di pahami oleh pemecah masalah.
3.    Semi terstruktur : terdiri dari sebagian elemen yang di mengerti oleh pemecah masalah .

3 pemecah masalah :
1.    Gaya merasakan masalah , ada 3 kategori dasar :
-    Menghindar masalah : mengambil sikap positif dan menganggap semua baik-baik saja.
-    Pemecah masalah : manajer tidak mencari atau menghalangi masalah tetapi berusaha menyelesaikan masalah.
-    Pencari masalah : manajer menikmati dalam memecahkan masalah bahkan mencari masalah untuk diselesaikan.
2.    Gaya mengumpulkan informasi :
-    Gaya teratur : berusaha menyelesaikan suatu masalah berdasarkan tugasnya dan menyaring masalah yang tidak berhubungan dengan tugasnya.
-    Gaya menerima : berusaha menerima informasi yang ada, kemudian menentukan apakah informasi tersebut bernilai baginya ataupun organisasinya.
3.    Gaya menggunakan informasi :
-    Gaya sistematik : manajer menggunakan perhatian khusus untuk mengikuti suatu metode yang diterapkan dalam memecahkan masalah.
-    Gaya intuitif : manajer dalam menyelesaikan masalah tidak menggunakan metode tetapi lebih menggunakan pemikiran dan kondisi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar