Laman

Senin, 12 November 2012

Akuntansi 1

•    Akuntansi adalah seni mencatat, meringkas serta menggolongkan dari sebuah transaksi atau kejadian-kejadian ekonomi keuangan lain dalam sebuah unit usaha dengan suatu cara yang dapat di mengerti serta disusun dalam satuan moneter yang pada akhirnya adalah menafsirkan hasil-hasil yang disusun tersebut.
•    Akuntansi : informasi, laporan keuangan, dan financial statement.
•    Transaksi – bukti transaksi – pencatatan kedalam jurnal – posting kedalam buku besar – neraca saldo – adjustment/penyesuaian.
•    Persamaan dasar akuntansi :
Pembukuan akuntansi yang pertama kali di pelopori oleh seorang pedagang dari italia “Lucas Paciolli”, di mana pembukuan akuntansi yang modern menggunakan double entry book keeping artinya dalam setiap transaksi  perusahaan jika ada satu kenaikkan atau penurunan maka akan berakibat kenaikkan atau penurunan disisi yang lain. Hal tersebut berlaku pada semua transaksi sehingga kedua sisi tersebut harus sama-sama dicatat dalam pembukuan akuntansi perusahaan.
Persamaan antara kedua sisi tersebut dapat ditulis sebagai berikut :
AKTIVA = PASSIVA
Keterangan : aktiva : harta / asset / kekayaan, digunakan untuk keperluan perusahaan, tidak dalam sengketa dan secara sah dimiliki (legal). Berasal dari hutang + modal.
Keterangan :passiva : asal / sumber harta, kekayaan, asset yang dimiliki perusahaan.
•    Hutang : harta yang berasal dari kreditur.
•    Modal : harta yang berasal dari pemilik.
•    Pencatatan transaksi.
Pencatatan transaksi pada dasarnya adalah melakukan pencatatan dengan dasar persamaan dasar akuntansi, karena jenis-jenis transaksi yang dilakukan oleh perusahaan jumlahnya sangat banyak maka pihak akunting tidak efisien lagi (ribet) jika menggunakan persamaan dasar akuntansi.
Dalam melakukan pencatatan transaksi ini dikenal istilah “double entry book keeping” artinya melakukan pencatatan transaksi secara berganda yaitu suatu pencatatan transaksi jika salah satu transaksi berpengaruh disisi yang satu pasti akan mempengaruhi sisi yang lain (ini hukumnya). Secara balance dalam DEBK akuntansi membagi 2 sisi tersebut kedalam sis debit dan sisi kredit, akuntansi memisahkan sisi debit dan sisi kredit tersebut kedalam 2 sisi yang berbeda yaitu debit dikiri dan kredit di kanan.
Secara umum semua transaksi yang terjadi dalam suatu perusahaan pastilah transaksi tersebut mengandung dari 5 unsur berikut ini :
Aktiva, hutang, modal, pendapatan, biaya. Ke 5 unsur tersebut didalam akuntansi disebut dengan account, perkiraan, rekening dan akun. Pencatatan perkiraan / rekening ini dalam akuntansi mengacu pada persamaan dasar akuntansi yaitu menggunakan 2 sisi, sisi debit dan sisi kredit.
•    Hutang adalah semua bentuk kewajiban yang harus di lunasi oleh perusahaan kepada pihak lain. Hutang atau kewajiba ini terbagi menjadi 2 yaitu : hutang lancer dan hutang jangka panjang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar