Laman

Selasa, 06 November 2012

Pendahuluan Grafik Komputer

1.    APA ITU GRAFIK KOMPUTER ?
Grafik kompter yaitu suatu proses pembuatan, penyimpanan dan manipulasi model dan citra. Model berasal dari beberapa bidang seperti fisik, matematik, artistic dan bahkan struktur abstrak. Istilah “grafik komputer” ditemuka tahun 1960 oleh William fetter : pembentukan desain model cockpit (boeing) dengan menggunakan pen plotter dan referensi model tubuh manusia 3 dimensi.
Penggunaan mengendalikan isi, struktur dan kemunculan objek serta menampilkan citra melalui suatu komponen dasar visual feedback.
Komponen dasar system grafik interaktif :
-    Masukkan : mouse, tablet dan stylus, peralatan force feedback, scanner, live video stream, dll.
-    Proses dan penyimpanan.
-    Keluaran : layar, printer berbasis kertas, perekam video, non-linear editor, dll.
System interaktif grafik pertama, sketchpad, ditemukan oleh ivan Sutherland (1963) di MIT.

2.    SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER GRAFIK -    Awal tahun 60an dimulainya model animasi dengan menampilkan simulasi efek fisik.
-    1961 : Edward zajac menyajikan suatu model simulasi satelit dengan menggunakan teknologi grafik computer.
-    1963 : ditemukan Sutherland (MIT), sketchpad (maipulasi langsung, CAD), alat untuk menampilkan calligraphic (vector), mouse oleh douglas englebert.
-    1968 : ditemukan evans & Sutherland.
-    1969 : journal SIGGRAPH pertama kali diterbitkan.
-    1970 : Pierre B’eezier mengembangkan kurva B’eezier.
-    1971 : ditemukkan Gouraud  shading.
-    1972 : ditayangkannya film westworld, sebagai film pertama yag menggunakan computer.
-    1974 : Ed catmull mengembangkan z-buffer (Utah). Computer animasi pendek, Hunger : keyframe animation and morphing.
-    1976 : Jim blinn mengembagkan texture dan bump mapping.
-    1977 : film terkenal starwars menggunakan grafik computer.
-    1979 : turner whitted mengembangkan algoritma ray tracing, untuk pesawat death star.
-    Pertengahan 70an hingga 80an : pengembangan quest for realism radiosity sebagai main-stream aplikasi realtime.
-    1982 : pengembangan teknologi grafik computer untuk menampilkan partikel.
-    1984 : grafik computer digunakan untuk menggantikan model fisik pada film the last fighter.
-    1986 : pertama kalinya film hasil produksi grafik computer dijadikan sebagai nominasi dalam academy award : luxo jr.(pixar).
-    1989 : film tin toy (pixar) memenangkan academy award.
-    1995 : di produksi film toy story (pixar dan Disney) sebagai film 3D animasi panjang pertama.
-    Akhir  tahun 90an, ditemukannya teknologi visualisasi interaktif untuk ilmu pengetahuan dan kedokteran, artistic rendering, image based rendering, path tracing, photon maps, dll.
-    Tahun 2000 ditemukannya teknologi perangkat keras untuk real time photorealistic rendering.

REVOLUSI LINGKUNGAN KOMPUTER GRAFIKGrafik sebagai kunci kemampuan teknologi dalam evolusi lingkungan komputasi :
-    Graphical user interface (GUI).
-    Komputasi visual, contoh : desktop publishing, visualisasi scientific, visualisasi informasi.
Revolusi perangkat hardware :
-    Setiap 12-18 bulan, kemampuan computer meningkat dua kali lipat dalam hal harga/performance-hukum moore.
-    Memory grafik dan kecepatan jaringan meningkat secara eksponensial.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar