Laman

Rabu, 13 November 2013

Menganalisis PIN Blackberry

Berapa kapasitas PIN Blacberry?
PIN bb hanya terdiri dari 8 karakter, dapat memiliki digit 0-9 dan huruf. Namun, hurufnya cuma terbatas antara A-F. 0-9, A-F. Heksadesimal merupakan representasi angka basis 16. Kalau yang kita kenal sehari-hari adalah basis desimal (basis 10, digit dari 0-9), maka untuk Hex digit berjumlah 16 buah, mulai dari 0-9, kemudian dilanjutkan A (gantinya 10), B (gantinya 11), C (ganti 12), D (ganti 13), E (ganti 14), dan F (ganti 15). Jadi, 10 di Hex sama dengan 16 di Desimal. Kemudian 11-19, 1A, 1B, 1C, 1D, 1E, 1F, lalu 20 (20 hex = 32 desimal).
Jadi, kapasitas dari PIN BBM bergantung dari berapa kemungkinan variasi PIN BBM tersebut. Sekarang balik lagi ke struktur PIN, yaitu 8 digit heksadesimal. Maka variasi dari PIN berkisar antara:

00000000 ~ FFFFFFFF
satu digit memiliki 16 kemungkinan, yaitu 0-9, A-F
karena ada 8 digit, maka kemungkinannya adalah:
16 * 16 * 16 * 16 * 16 * 16 * 16 * 16 = 16^8 = 2^32 = 4.294.967.296

Jadi kurang lebih ada 4 milyar lebih pengguna BBM. Mungkin dari antara kita ada yang berpikir kalau variasi PIN tersebut tidak akan pernah habis terpakai.Mari kita lihat jumlah populasi dunia saat ini, 7 milyar orang. Anggaplah hanya 10% yang mampu membeli handphone, berarti 700 juta orang. Sementara itu, beberapa orang memiliki lebih dari 1 handphone, bahkan ada yang membeli handphone sampai 5 buah. Belum lagi orang yang suka gonta-ganti handphone. Dengan kondisi seperti itu, jumlah 4 milyar tersebut bisa saja terlampaui, selama Blackberry masih eksis di kancah pasar smartphone dunia dan perputaran manusia yang menggunakan BB masih tinggi. Apabila hal tersebut terjadi, BB harus siap-siap untuk menggunakan konsep PIN yang baru, dan tentu saja perlu menyesuaikan sistem yang baru dengan yang lama, seperti layaknya Internet Protocol saat ini.

Apa perbedaan angka depan PIN bb 2 dan 3?
BlackBerry itu mempunyai identitas IMEI dan PIN, beda dari ponsel biasa yang hanya mempunyai identitas IMEI saja. Khusus BlackBerry IMEI dan PIN itu seperti pasangan yang tidak mungkin dipisahkan. BlackBerry dengan koneksi GSM beridentitas IMEI dan PIN, untuk BlackBerry CDMA atau Dual Mode (CDMA/GSM) mempunyai identitas MEID HEX dan PIN.

PIN ini berbeda dengan PIN SIM Card, yang biasanya Anda harus memasukan PIN apabila baru menyalakan handphone Anda. PIN BlackBerry ini mempunyai fungsi sebagai identitas dari BlackBerry untuk PIN Message dan BlackBerry Messenger.
PIN BlackBerry mempunyai 8 digit yang terdiri dari angka dan huruf. Tidak menutup kemungkinan semua terdiri dari angka. Tetapi khusus BlackBerry GSM mempunyai PIN dengan kepala angka 2, dan khusus BlackBerry CDMA atau Dual Mode (CDMA/GSM)  mempunyai PIN dengan angka 3. Khusus pada tipe BlackBerry Storm 2 (9520) menggunakan PIN kepala 3 meskipun system jaringannya adalah GSM.

Pernahkah mendengar BlackBerry dengan kepala angka 4? Apabila iya, memang benar tetapi PIN dengan kepala angka 4 hanya digunakan untuk layanan BlackBerry Connect, yaitu seperti layanan BlackBerry Internet Service hanya digunakan di smartphone seperti Nokia Communicator, Sony Ericsson dan sejenisnya. Sepertinya layanan ini pun sudah tidak ada yang menggunakannya lagi. Tetapi PIN kepala angka 4 tersebut tidak akan pernah ada secara resmi di handheld BlackBerry-nya. Apabila ada, maka BlackBerry tersebut merupakan BlackBerry yang menggunakan PIN tembak atau clone.


Sumber : http://snlius.blogspot.com/2012/04/berapa-kapasitas-pin-blackberry.html, http://www.jeruknipis.com/read/2011/08/01/tips-mengenali-blackberry-dari-pin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar