Laman

Sabtu, 01 Desember 2012

Sistem Basis Data



I.              Komponen system basis data
1.    Data
Disimpan secara terintegrasi, artinya basis data merupakan gabungandari berbagai macam file aplikasi yang berbeda yang disusun dengan menghilangkanbagian-bagian yang rangkap. Sebagai alat penghubung digunakan kunci (key). Dipakai secara bersama-sama, artinya masng-masing bagian dari suatu data dapat digunakan atau diakses bersama-sama dalam waktu yag berbeda.
2.    Perangkat keras
Mencakup peralatan atau perangkat computer yang digunakan untuk pengelolaan system basis data. Contoh : alat input/output, komunikas data dan sebagainya.
3.    Perangkat lunak
Sebagai penghubung antara pengguna dan basis data. Contoh : DBMS.
4.    Pengguna
Dibagi menjadi 4 kategori :
a.    System engineer
Tenaga ahli yang bertanggung jawab atas pemasangan system basis data, dan juga mengadakan peningkatan dan melaporkan kesalahan dari system tersebut.
b.    Database administrator (DBA)
Tenaga ahli yang mempunyai tugas untuk mengontrol system basis data secara keseluruhan, meramalkan kebutuhan akan system basis data, merencanakannya dan mengaturnya.
c.    Programmer
Pengguna yang berinteraksi dengan basis data melalui data manipulation language (DML), yang disertakan dalam program yang ditulis dalam bahasa pemrograman induk (seperti c, pascal, COBOL, dan lain-lain).
d.    Pengguna akhir
-       Casual user (pengguna mahir)
Pengguna yang berinteraksi dengan system tanpa menulis modul program. Mereka menyatakan queri (untuk akses data) dengan bahasa queri yang telah disediakan oleh suatu DBMS.
-       End user (pemakai umum)
Pengguna yang berinteraksi dengan system basis data melalui pemanggilan satu program aplikasi permanen (executable program) yang telah ditulis atau disediakan sebelumnya.
-       Specialized (pengguna khusus)
Pengguna yang menulis aplikasi basis data non konvensional, tetapi untuk keperluan-keperluan khusus seperti aplikasi artificial intelegence (AI), system pakar, pengolahan citra, da lain-lain yang bisa saja mengakses basis data dengan atau tanpa DBMS yang bersangkutan.

II.            Keuntungan  basis data
·         Keuntungan pemakaian basis data adalah :
1.    Terkontrolnya kerangkapan data
2.    Terpeliharanya keselarasan (kekonsistenan) data apabila ada perubahan data pada aplikasi yag berbeda maka secara otomatis perubahan itu berlaku untuk keseluruhan.
3.    Data dapat dipakai secara bersama
4.    Dapat diterapkan standardisasi
5.    Keamanan data terjamin
6.    Terpeliharanya integritas data
7.    Terpeliharanya keseimbangan (ketersediaan) data dari berbagai macam kebutuhan data yang berbeda dalam setiap aplikasi.
8.    Data independence (kemandirian data).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar