Laman

Selasa, 04 Desember 2012

Apakah Desain Grafis itu?


Ada banyak sekali definisi tentang desain grafis menurut pakar. Menurut Wikipedia, desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yag menggunakan teks atau gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan. Desain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan termasuk tipografi, pengolahan gambar, dan tata letak halaman di media cetak.
            Menurut Blanchard, desain grafis adalah suatu seni komunikatif yang berhubungan dengan industry, seni dan proses dalam menghasilkan gambaran visual pada segala permukaan.
            Sedangkan Jessica Helfand mendefinisikan desain grafis sebagai kombinasi kompleks kata-kata dan gambar, angka-angka dan grafik, foto-foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu untuk menggabungkan elemen-elemen ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus, sangat berguna, mengejutkan atau subversive, dan mudah diingat.
            Suyanto mendefinisikan desain grafis sebagai aplikasi dari keterampilan seni dan komunikasi untuk kebutuhan bisnis dan industry. Aplikasi-aplikasi ini dapat berupa periklanan dan penjualan produk, menciptakan identitas visual untuk industry, produk dan perusahaan, dan secara visual menyempurnakan pesan dalam publikasi.
            Menurut Danton Sihombing, seorang pakar desain di Indonesia, desain grafis mempekerjakan berbagai elemen seperti marka, symbol, uraian verbal yang divisualisasikan lewat tipografi dan gambar, baik degan teknik fotografi ataupun ilustrasi. Elemen-elemen tersebut diterapkan dalam dua fungsi, sebagai perangkat visual dan perangkat komunikasi.
            Menurut Michael Kroeger visual communication (komunikasi visual) adalah latihan teori dan konsep-konsep melalui istilah-istilah visual dengan menggunakan warna, bentuk, garis, dan penjajaran (juxtaposition).
            Desain grafis kalau boleh disederhanakan pada dasarnya adalah salah satu terapan dari seni lukis (gambar) yang memberikan kebebasan kepada sang desainer untuk memilih, menciptakan, dan mengatur elemen rupa seperti ilustrasi, foto, tulisan, dan garis di atas media, dengan tujuan untuk diproduksi dan dikomunikasikan sebagai sebuah pesan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar