Laman

Jumat, 07 Desember 2012

Komputer Grafis


Computer adalah senjata utama dari seorang desainer grafis, tentu saja lengkap dengan software aplikasinya. Dalam dunia desain modern disebut computer grafis.komputer grafis yang dicetuskan oleh Ivan Sutherland pada tahun 1963 di Massachusetts Institute of Technology (MIT), Amerika serikat lewat tesis doktoralnya ia mengumumkan penemuannya yang disebut dengan Sketchpad.
Sketchpad adalah sebuah system computer yang berfungsi untuk menggambar garis secara langsung dengan layar computer melalui pena cahaya. Pada masa itu mouse belum ditemukan, jadi untuk berinteraksi dengan computer dalam menjalankan perintah-perintah, manusia menggunakan pena yang digerakkan-gerakkan di layar computer, dan itu dimaksudkan untuk menciptakan interaksi yang dipresentasikan secara grafis.
Focus Shuterland saat itu adalah bagaimana mendayakan kemampuan computer sedemikian rupa, sehingga pada tataran konsep bisa menghasilkan kemiripan visual. Misalnya, bagaimana foto yang aslibisa dibuat menjadi sebuah citra di computer. Sutherland pun memutar otak bagaimana computer bisa mengolah rangkaian-rangkaian bit yang menghasilkan citra grafis computer, dan mirip dengan aslinya. Ia pun berkutat pada persoalan-persoalan efek bayangan (shadow), pantulan (reflection), pembiasan (refraction) dan permukaan-permukaan tertutup.
Pada masa itu untuk menghasilkan interface grafis pada layar computer, Sutherland masih menggunakan konsep garis (vector) yang tampilannya mash sederhana. Namun, penemuan itulah yang menjadi cikal bakal teknologi computer grafis saat ini yang digunakan secara luas dalam berbagai aplikasi. Kekurangan itu jugalah yang memberikan ilham bagi banyak orang bahwa penggunaan konsep rangkaian titik-titik (pixel) dalam computer grafis justru lebih baik dibandingkan dengan menggunakan konsep garis.
            Nicholas Negroponte dalam bukunya yang tersohor, being digital (1998) mengatakan, Sketchpad berhasil memperkenalkan beberapa konsep baru diantaranya grafik dinamik, simulasi visual, resolusi kendala, pen tracking, dan system koordinat yang tak terbatas. Kemampuan computer grafis ini pun semakin tidak terbendung, kaitan antara teknologi computer, telekomunikasi, elektronika media massa, dengan budaya dan seni (baca: film dan dunia hiburan) membuat computer grafis tidak bisa di pandang sebelah mata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar