Computer adalah senjata utama dari seorang desainer
grafis, tentu saja lengkap dengan software aplikasinya. Dalam dunia desain
modern disebut computer grafis.komputer grafis yang dicetuskan oleh Ivan
Sutherland pada tahun 1963 di Massachusetts Institute of Technology (MIT),
Amerika serikat lewat tesis doktoralnya ia mengumumkan penemuannya yang disebut
dengan Sketchpad.
Sketchpad adalah sebuah system computer yang berfungsi
untuk menggambar garis secara langsung dengan layar computer melalui pena
cahaya. Pada masa itu mouse belum ditemukan, jadi untuk berinteraksi dengan
computer dalam menjalankan perintah-perintah, manusia menggunakan pena yang
digerakkan-gerakkan di layar computer, dan itu dimaksudkan untuk menciptakan
interaksi yang dipresentasikan secara grafis.
Focus Shuterland saat itu adalah bagaimana mendayakan
kemampuan computer sedemikian rupa, sehingga pada tataran konsep bisa
menghasilkan kemiripan visual. Misalnya, bagaimana foto yang aslibisa dibuat
menjadi sebuah citra di computer. Sutherland pun memutar otak bagaimana
computer bisa mengolah rangkaian-rangkaian bit yang menghasilkan citra grafis
computer, dan mirip dengan aslinya. Ia pun berkutat pada persoalan-persoalan
efek bayangan (shadow), pantulan (reflection), pembiasan (refraction) dan
permukaan-permukaan tertutup.
Pada masa itu untuk menghasilkan interface grafis pada
layar computer, Sutherland masih menggunakan konsep garis (vector) yang
tampilannya mash sederhana. Namun, penemuan itulah yang menjadi cikal bakal teknologi
computer grafis saat ini yang digunakan secara luas dalam berbagai aplikasi.
Kekurangan itu jugalah yang memberikan ilham bagi banyak orang bahwa penggunaan
konsep rangkaian titik-titik (pixel) dalam computer grafis justru lebih baik
dibandingkan dengan menggunakan konsep garis.
Nicholas Negroponte dalam bukunya
yang tersohor, being digital (1998) mengatakan, Sketchpad berhasil
memperkenalkan beberapa konsep baru diantaranya grafik dinamik, simulasi
visual, resolusi kendala, pen tracking, dan system koordinat yang tak terbatas.
Kemampuan computer grafis ini pun semakin tidak terbendung, kaitan antara
teknologi computer, telekomunikasi, elektronika media massa, dengan budaya dan
seni (baca: film dan dunia hiburan) membuat computer grafis tidak bisa di
pandang sebelah mata.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar