Laman

Jumat, 04 Januari 2013

Faktor Manusia dalam Interaksi Manusia dan Komputer

Manusia merupakan elemen terpenting dalam interaksi manusia dan komputer, yaitu sebagai subjek sekaligus sebagai objek
  •   Manusia dapat dipandang sebagai sistem pemroses informasi
  •   Model sederhana :
§  informasi diterima dan ditanggapi melalui saluran I/O
§  informasi disimpan dalam ingatan (memory)
§  informasi diproses dan diaplikasikan dalam pelbagai cara
  •   Kemampuan manusia dalam hal ini sangat penting dalam mendesain yang berbeda antara satu orang dengan orang lainnya
Karakteristik Dasar Manusia :
  •  Manusia senantiasa “belajar”
  •   Manusia menggunakan pengetahuan sebelumnya untuk mempelajari hal-hal baru
  •   Manusia senantiasa mencari solusi dari suatu masalah
  •   Manusia tidak menyukai masalah yang tidak memiliki memiliki penyelesaian
Karakteristik Dasar Pengguna :
  •   Pengguna jarang membaca  manual, tetapi lebih sering dengan ”meniru” dan bertanya
  •   Pengguna senantiasa membangun “modelnya” sendiri dalam bekerja
Psikologi Kognitif :
  •   Mempelajari kemampuan dan keterbatasan manusia (bagaimana manusia merasa sulit, merasa mudah, kenapa tidak dapat dilakukan, dll).
  •  1983, Card, Moran dan Newell membuat Model Human Processor, terdiri dari 3 sub sistem, yaitu :
  •   Sistem Persepsi     : menangani sensor dari luar
  •  Sistem Motor           : mengontrol aksi/respon
  •   Sistem Kognitif       : memproses hubungan keduanya.
Masing-masing sub sistem ini mempunyai memori dan prosesor yang berbeda-beda, begitu pula dalam hal kompleksitasnya






Kamis, 03 Januari 2013

Beberapa perhubungan makna seperti sinonim, hiponimi, homonimi, polisemi, dan antonimi


 Makna sinonim
Sinonim adalah suatu kata yang memiliki bentuk yang berbeda namun memiliki arti atau pengertian yang sama atau mirip. Sinomin bisa disebut juga dengan persamaan kata atau padanan kata.
Contoh kalimatnya adalah:
Umpamanya kata buruk dan jelek adalah dua buah kata yang bersinonim ;bunga, kembang, dan puspa adalah tiga buah kata yang bersinonom; mati, wafat, meninggal, dan mampus adalah empat buah kata yang bersinonim.
Contoh kalimat
• Perbuatan ani sangat buruk sekali sehingga temannya tidak mau berteman
• Baju yang dipakai ani sangat jelek dipakai
• Anak ayam mati terlindas mobil
• Ayah toni baru saja meninggal karena tertabrak mobil
 Contoh lain :
• binatang = fauna
• bohong = dusta
• haus = dahaga
• pakaian = baju
• bertemu = berjumpa
2.     Hiponimi
Hipernim adalah kata-kata yang mewakili banyak kata lain. Kata hipernim dapat menjadi kata umum dari penyebutan kata-kata lainnya. Sedangkan hiponim adalah kata-kata yang terwakili artinya oleh kata hipernim. Umumnya kata-kata hipernim adalah suatu kategori dan hiponim merupakan anggota dari kata hipernim. Contoh :
• Hipernim : Hantu. Hiponim : Pocong, kantong wewe, sundel bolong, kuntilanak, pastur buntung, tuyul, genderuwo, suster ngesot, dan lain-lain.
• Hipernim : Ikan. Hiponim : Lumba-lumba, tenggiri, hiu, betok, mujaer, sepat, cere, gapih singapur, teri, sarden, pari, mas, nila, dan sebagainya.
• Hipernim : Odol. Hiponim : Pepsodent, ciptadent, siwak f, kodomo, smile up, close up, maxam, formula, sensodyne, dll.
• Hipernim : Kue. Hiponim : Bolu, apem, nastar nenas, biskuit, bika ambon, serabi, tete, cucur, lapis, bolu kukus, bronis, sus, dsb.
3.     Homonimi
Homonim adalah suatu kata yang memiliki makna yang berbeda tetapi lafal atau ejaan sama. Jika lafalnya sama disebut homograf, namun jika yang sama adalah ejaannya maka disebut homofon.
• Contoh Homograf :
- Amplop
a.       Untuk mengirim surat untuk bapak presiden kita harus menggunakan amplop (amplop = amplop surat biasa)
b.      Agar bisa diterima menjadi pns ia memberi amplop kepada para pejabat (amplop = sogokan atau uang pelicin)
- Bisa
a.       Bu kadir bisa memainkan gitar dengan kakinya (bisa = mampu)
b.      Bisa ular itu ditampung ke dalam bejana untuk diteliti (bisa = racun)
• Contoh Homofon :
- Masa dengan Massa
a.       Guci itu adalah peninggalan masa kerajaan kutai (masa = waktu)
b.      Kasus tabrakan yang menghebohkan itu dimuat di media massa (massa = masyarakat umum)

• Homonim adalah : Dua kata yang bentuk penulisan dan pengucapanya sama tetapi
artinya berbeda.

Contoh:
a. Saya sudah bisa menyetir mobil. (bisa berarti dapat dan bermakna denotasi)
b. Tetanggaku terkena bisa ular yang mematikan.(artinya racun makna denotasi)


4.     Polisemi
Polisemi adalah kata-kata yang memiliki makna atau arti lebih dari satu karena adanya banyak komponen konsep dalam pemaknaan suatu kata. Satu kata seperti kata “kepala” dapat diartikan bermacam-macam walaupun arti utama kepala adalah bagian tubuh manusia yang ada di atas leher.

Contoh:
• Kepala anak kecil itu besar sekali karena terkena penyakit hidrosepalus. (kepala berarti bagian tubuh manusia yang ada di atas).
• Pak Sukatro membuat kepala surat untuk pengumuman di laptop eee pc yang baru dibelinya di mangga satu. (kepala berarti bagian dari surat).
5.     Antonimi
Perhubungan makna yang terdapat antara sinonimi, homonimi, hiponimi, atau [polisemi, bertalian dengan kesamaan-kesamaan; antonimi, sebaliknya, dipakai untuk menyebut makna-makna yang berlawanan. Bentuk-bentuk seperti laki-laki, hidup, gadis, masing-masing berantonim dengan perempuan, mati, dan janda. Dan kata-kata yang berlawanan makna itu disebut mempunyai perhubungan yang bersifat antonimi.
Atau dengan kata lain Antonim adalah suatu kata yang artinya berlawanan satu sama lain. Antonim disebut juga dengan lawan kata.Contoh Antonim :
•keras x lembek
•naik x turun
•laki-laki x perempuan
•atas x bawah
Contoh kalimat :
1.      Suara pak guru sangat keras sekali
2.      Kue lapis yang dimakan toni sangat lembek

Pengertian Game


Menurut Agustinus Nilwan dalam bukunya “Pemrograman Animasi dan Game Profesional” terbitan Elex Media Komputindo, game merupakan permainan komputer yang dibuat dengan teknik dan metode animasi.Jika ingin mendalami pengunaan animasi haruslah memahami pembuatan game.Atau jika ingin membuat game, maka haruslah memahami teknik dan metode animasi, sebab keduanya saling berkaitan. Sebuah game bisa dikarakteristikan dari apa pemain lakukan misalnya :
A. Peralatan
Misal : bola, kartu, papan, atau sebuah Komputer.
B. Peraturan
Peraturan digunakan untuk menentukan giliran pemain, hak dan keharusan masing-masing pemain, dan tujuan permainan.
C. Skill, Strategi dan Keberuntungan
Game dengan dengan skill, contohnya dengan kekuatan fisik, misal gulat, menembak dan kekuatan mental seperti catur.
D. Single Player Game (pemain satu orang) dan Double Player (lebih dari satu pemain)
Jika pemain tunggal, pemain harus bermain dengan keahlian, berpacu dengan waktu dan keberuntungan sedangkan pemain double, pemain diharuskan untuk menggunakan suatu strategi dan kekompakan sesama pemain, untuk mencapai tujuan tertentu atau sebaliknya pemain harus berlomba dengan pemain lainnnya untuk mencapai sesuatu tujuan.
Sejarah perkembangan game:
Sejarah Perkembangan Video GamesVideo games pertama kali diperkenalkan pada tahun 1971 sebagai medium hiburan yang bersifat komersial. Pada akhir tahun 1970an dan awal tahun 1980an, video games menjadi sebuah dasar yang penting bagi industri hiburan di Amerika Serikat, Jepang, dan Eropa. Sejak masa kejatuhan dalam bidang industri pada tahun 1983 dan kebangkitannya dua tahun kemudian, industri video game telah mengalami perkembangan selama dua dekade dan menjadi industri yang berharga $10 miliar, yang menjadi saingan dengan industri ‘motion picture’ sebagai industri hiburan yang paling berprofit besar.Pada tahun 1952, A.S. Douglas menulis untuk gelar PhD di University of Cambridge jurusan Human-Computer Interraction. Douglas menciptakan permainan komputer grafis yang diberi nama Tic-Tac-Toe. Permainan ini deprogram pada komputer EDSAC vacuum-tube yang memiliki tampilan tabung sinar katode.William Higinborham menciptakan video game pertama pada tahun 1958. Permainan ini diberi judul “Tennis for Two”, diciptakan dan dimainkan di osiloskop Brookhaven National Laboratory. Pada tahun 1962, Steve Russell menciptakan SpaceWar! Permainan ini merupakan permainan pertama yang dimaksudkan untuk pemakaian komputer. Russel menggunakan MIT PDP-1 komputer mainframe untuk meciptakan permainan ini.Pada 1967, Ralph Baer menciptakan video game pertama yang dimaikan dengan televisi, sebuah permainan yang diberi nama Chase. Ralph Baer akhirnya menjadi bagian dari Sanders Associates, sebuah perusahaan elektronik militer.Ralph mencetuskan idenya untuk pertama kali pada 1951, saat sedang bekerja untuk Loral, sebuah perusahaan komputer.Pada 1971, Nolan Bushnell bersama dengan Ted Dabney, menciptakan permainan arcade yang pertama. Permainan ini diberi nama Computer Space, yang diciptakan berdasarkan pada permainan SpaceWar! Permainan arcade Pong diciptakan oleh Nolan Bushnell (dengan bantuan Al Alcorn) setahun kemudian pada tahun 1972. Nolan Bushnell dan Ted Dabney memulai dengan Atari Computer pada tahun yang sama. Pada tahun 1975, Atari kembali meluncurkan Pong sebagai home video game.Tahun 1972, hiburan pertama video game komersial dapat dimainkan di rumah, Odyssey, diluncurkan oleh Magnavox dan didesain oleh Ralph Baer. Permainan mesin ini aslinya didesain pada saat Ralph Baer masih berada di Sanders Associates pada tahun 1966, Baer mengurus untuk mendapatkan ijin legalnya setelah ditolak oleh Sanders Associates. Permainan Odyssey deprogram dengan dua belas permainan.Pada tahun 1976, Fairchild meluncurkan programmable home game yang pertama dan diberi nama Fairchild Video Entertainment System atau Channel F. Channel F merupakan salah satu dari electronic system yang pertama menggunakan microchip yang diciptakan oelh Robert Noyce untuk Fairchild Semiconductor Corporation.
Klasifikasi game:
Mengingat Serious Game adalah satu bidang yang masih baru, maka klasifikasi game yang tergolong dalam serious game pun masih dalam tahap yang sederhana, sampai saat ini bila berbicara seputar serious game, maka beberapa klasifikasi yang termasuk kedalamnya adalah :
· Advergaming : advergames adalah Personal Computer berupa aplikasi games pada PC. Games ini dijalankan pada personal computer. Pada media Personal Computer, durasi waktu penayangan adalah tidak terbatas, selama games tersebut bagus dan mampu menghibur audience/pemain, maka selama itulah tingkat kemungkinan untuk dilihat audience akan semakin tinggi. Pembuatan Games ini biasanya menggunakan Language C++ / C#, membutuhkan waktu 3-6 bulan tergantung dengan kompleksitas games tersebut.
· Edutainment : adalah salah satu bentuk media pembelajaran yang dipenuhi nuansa menghibur dan menyenangkan dan mudah dicerna oleh penontonnya.
· Edumarket Games – kombinasi dari advergaming dan edutainment.
· News Games atau Journalistic games : Games terbaru dan berita tentang perkembangan games terbaru.
· Simulation Games : sebuah pemainan secara simulation.
ð Penjelasan tentang game online dan offline serta perbedaannya :
Tekonologi games online diilhami oleh penemuan metode networking komputer tahun 70-an oleh militer di Amerika.Dari konsep inilah dikembangkan berbagai fitur baru termasuk game.Pertama jaringan yang digunakan masih Lokal Area Network (LAN). Kesininya sudah menggunakan jaringan yang luas melalui jalur www (world wide web) atau internet yang bisa diakses via nirkabel. Tidak seperti kirim email atau browsing yang tinggal langsung klik IE (internet explorer), netscape navigator, atau opera browsing, untuk bisa memainkan game online kita harus meng-install dulu program game-nya. Tentunya agar lebih asyik, perangkat keras (hardware) yang digunakan harus memadai juga.

Berbeda dengan game biasa. Di game online kita harus mendaftar atau register terlebih dahulu. Tidak semua games online dapat dimainkan secara gratis, beberapa di antaranya ada yang memerlukan registrasi atau pembuatan member yang memerlukan sejumlah biaya. Biasanya games yang tidak memerlukan sejumlah biayan untuk pemnbuatan member, kita hanya perlu register dan dapat langsung memainkannya. Sedangkan untuk games yang tidak gratis, kita harus memasukan source code yang ada pada voucher games yang kita beli. Di dunia games on line kita mengenal adanya level pada permainan. Untuk tahap awal, kita harus memulai pada level satu. Kemudian level akan bertambah seiring dengan tingkat kemampuan kita untuk memainkan permainan tersebut. Pada games on line kita pasti memiliki sebuah id character yang harus kita jaga agar id character kita dapat “diperhitungkan “ di dunia maya.

Banyak sekali jumlah game online yang dapat dimainkan. Mulai dari game arcade sampai game perang atau petualangan. Contohnya ada catur online yang disediain Yahoo! dan juga pool (biliard) online dari Yahoo!. Sementara game online lainnya ada Gunbound, Ragnarok, Laghaim, Spiderman 2, Final Fantasy, Roadrash, bahkan game startegi seperti Rise of Nations keluaran Microsoft dan Big Huge yang dapat dimainkan.

Di Indonesia, on line game mulai berkembang di pertengahan 90-an, saat game Nexia beredar. Dan sekarang, salah satu game yang lagi digandrungi adalah Ragnarok online (RO), sebuah game yang diangkat dari komik berjudul sama. RO adalah sebuah game yang cukup fenomenal karena tak hanya booming di Indonesia, tetapi juga di seluruh dunia. “RO sangat digemari karena menawarkan kekuasaan penuh atas karakter yang diciptakan dan memberikan banyak pilihan, apakah karakter tersebut akan menjadi karakter yang beruntung, lemah, pemurah atau yang lainnya,” kata Alvanov.“Pemain dapat menciptakan karakter sesuai dengan keinginan, bahkan terkadang sifat pemain dapat tercermin dalam karakter yang diciptakannya.”Bagi penggemar RO sendiri, kesempatan untuk bertemu dengan gamer lain adalah salah satu daya tariknya. Bila dalam game offline kita hanya dapat bermain dengan orang yang terbatas, lewat RO kita dapat bermain dengan begitu banyak orang.

Kegunaan Game
Kita sering sekali bermain game. Namun kita tidak menyadari apa saja kegunaan game itu sendiri. Banyak orang beranggapan bahwa permainan itu memberikan dampak yang negatif baik dari segi kesehatan maupun psikologi game itu sendiri. Namun, ternyata, juga ada beberapa penelitian yang berhasilkan menyimpulkan efek-efek positif yang dapat diperoleh oleh gamers dengan cara memainkan video games. Berikut kami mencoba memaparkan 5 fakta yang membuktikan bahwa video games itu dapat membantu kita menjaga kesehatan.
1.    Games dapat membantu menurunkan berat badan berlebihan
Salah satu masalah yang sering dikeluhkan oleh para maniak video games (dan juga orang-orang lain) adalah masalah obesitas. Hal itu sangat wajar, bagi gamers yang sehari-hari hanya memainkan games sambil menikmati camilan. Namun sekarang sudah ada banyak alternatif menyenangkan bagi gamers yang ingin menurunkan berat badan mereka. Salah satunya yang paling terkenal mungkin adalah Wii Fit, dimana beberapa Penelitian bahkan walaupun tidak dapat sepenuhnya menghilangkan obesitas, namun beberapa peneliti mengakui bahwa “exercise” yang ditawarkan dalam Wii Fit tersebut dapat membantu menguragi masalah tersebut. Tentu saja dengan adanya Kinect serta PlayStation Move, makin banyak pilihan bagi gamers untuk memainkan video games sambil menggerakan badan.
2. Games dapat membantu gamer untuk mengambil keputusan lebih cepat
Dalam video games, kita mungkin terbiasa melihat berbagai object dalam layar LCD kita. Seringkali, ketika kita memainkan game-game bertema RPG maupun FPS, kita akan dipaksa untuk mengambil keputusan yang tepat dengan cepat, dimana keputusan-keputusan yang kita pilih tersebut akan memiliki efek yang cukup besar dalam gameplay. Kebiasaan itu ternyata juga dapat membantu gamer di dunia nyata. Penelitian yang dilakukan oleh University of Rochester membuktikan bahwa gamers yang memainkan game Call of Duty dan Unreal Tournament selama 50 jam dapat menjawab pertanyaan 25% lebih cepat dibandingkan mereka yang tidak memainkan game tersebut, tentu saja dengan tingkat akurasi yang tidak berbeda.
2.    Games dapat membantu meringankan rasa sakit
Banyak cara lain yang dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit selain dari obat-obatan, salah satunya adalah video games. British Journal Medicine menulis sebuah artikel yang menyebutkan beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit dengan video games, antara lain video games tersebut dapat membuat gamer mengurangi fokus akan sakit yang dideritanya atau juga dapat digunakan sebagai pemulihan. Penelitian lain juga menyebutkan bahwa beberapa games dapat digunakan untuk memulihkan atlet yang terkena cidera.
3.    Games dapat membantu gamers berkendara dengan lebih baik
Beberapa penelitian yang dilakuakan membuktikan bahwa video games dapat membantu gamers berkendara dengan lebih baik dalam dunia nyata. Sementara juga menyebutkan bahwa video games tersebut juga dapat membantu orang-orang yang sudah cukup tua untuk berkendara dengan lebih aman. Yang cukup mengejutkan, game-game yang terbukti berguna tersebut bukannya Gran Tourismo series atau Need For Speed series, melainkan game-game seperti Medal of Honor dan Tetris.
5. Games dapat membantu mengurangi stress
Hal ini tentu saja merupakan alasan utama sebagian orang bermain games.Dan hal ini juga dibuktikan dalam penelitian yang dilakukan oleh East Carolina University. Dari penelitian tersebut dikatakan bahwa beberapa games, khususnya game-game bertema puzzle, dapat membantu gamers untuk mengurangi stress mereka. Tidak hanya itu, penelitian tersebut juga mengatakan bahwa video games akan dapat membantu kita untuk mendapatkan “mood” yang lebih baik.
itulah beberapa fakta yang membuktikan bahwa games ternyata juga dapat berguna bagi kesehatan sehari-hari. Namun tentu saja apa pun yang dilakukan berlebihan tetap tidak akan memiliki efek yang baik, oleh karena itu kita tetap tidak dapat menggunakan fakta-fakta diatas untuk membenarkan kita memainkan Medal Of Honor atau Fable III 24 jam sehari.